7 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Buah kersen sangat mudah sekali diperoleh. Pohon kersen dapat tumbuh dimana-mana. Banyak sekali pohon kersen yang terletak di pinggir jalan. Sehingga selain menjadi tempat yang bisa digunakan untuk berteduh, orangjuga bisa dengan mudah menikmati buah kersen yang ada. Memang banyak pihak yang menjadikan pohon kersen ini sebagai pohon berteduh yang ada di pinggir-pinggir jalan. Selain sengaja ditanam, pohon kersen ini juga banyak yang tumbuh liar. Munculnya pohon kersen secara tiba-tiba ini seringkali tidak disadari oleh manusia, sehingga setelah terbentuknya pohon kersen dewasa yang sudah berbuah, barulah orang-orang menyadari adanya pohon tersebut. Pohon kersen ini juga merupakan pohon yang mudah tumbuh.

Tanaman Buah Kersen di Indonesia

Di Indonesia, Jawa khususnya, pohon kersen ini tumbuh dengan sendirinya tanpa dilakukan upaya- upaya perawatan khusus baginya. Bahkan saking mudahnya pohon kersen ini tumbuh di Jawa, banyak orang yang mencabuti pohon ini karena dirasa mengganggu. Padahal sangat disayangkan, pohon kersen ini mengandung berbagai manfaat. Kemudahan memperoleh buah kersen selain karena pohonnya yang mudah tumbuh di Indonesia, hal lainnya adalah karena kersen merupakan salah satu tanaman buah yang tidak mengenal musim. Kersen dapat berbuah sepanjang tahun. Dan hampir setiap hari buah kersen yang sudah masak ini dapat kita jumpai.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa tanaman buah kersen ini mempunyai banyak manfaat. Buah kersen dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan asam urat dan juga diabetes. Lalu, bagaimana dengan bagian pohon yang lainnya, apakah mempunyai banyak manfaat juga? Ya, salah satu bagian dari pohon kersen yang mempunyai manfaat adalah daun pohon kersen. Daun pohon kersen ini mempunyai struktur permukaan yang sedikit berbulu dan kadang terasa lengket, dan juga mempunyai pinggiran yang meruncing.

Daun kersen ini ternyata merupakan daun yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain dapat memanfaatkan buahnya, kita juga bisa memanfaatkan daunnya. Berikut ini sejumlah manfaat daun kersen yaitu :

1. Sebagai obat mengatasi diabetes

Tidak hanya buah kersen saja yang dikenal sebagai obat mengatasi diabetes, namun daun kersen juga dapat dijadikan obat mengatasi diabetas ini. Sejak zaman dahulu, daun kersen dikenal sebagai ramuan alami yang digunakan untuk mengatasi gula darah yang tinggi. Karena kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup tinggi, daun kersen mampu menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.

Untuk mengatasi gula darah tinggi, juga diperoleh dari :

2. Mencegah perkembangan tumor

Daun kersen ini dikenal sebagai daun yang memiliki banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu manfaat dari daun kersen adalah untuk mencegah pertumbuhan tumor. Daun kersen ini memiliki kandungan flavonoid, tannin dan saponin. Selain itu, air rebusan daun kersen juga bisa menjadi antiseptik yang sangat bagus, dan akan mencegah peradangan serta inflamasi.

3. Sebagai pengontrol fungai otot jantung

Manfaat yang lain dari daun kersen adalah dapat menjaga fungsi otot jantung. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian bahwasannya daun kersen dapat bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

4. Anti hipertensi

Daun kersen juga dapat digunakan sebagai obat anti hipertensi. Caranya dengan membuat minuman dari serbuk daun kersen dan diminum 2x sehari.

5. Anti inflamasi

Diatas sudah disebutkan bahwa daun kersen juga dapat menurunkan gejala radang dan juga inflamasi.

6. Sebagai Antiseptik

Daun kersen karena kandungan flavonoid, tannin, dan juga saponin ini dapat menjadi antiseptik yang membunuh mikroba dan berbagai bakteri.

7. Mengatasi kolesterol yang tinggi

Manfaat dari daun kersen yang lainnya adalah sebagai obat yang dapat mengatasi kolesterol yang tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun kersen dan diminum 3x setiap hari.

Kolesterol tinggi juga bisa diatasi dengan :
Itulah beberapa manfaat daun kersen bagi kesehatan. Sebagian besar atau bahkan hampir semua manfaat tersebut dapat kita peroleh dengan kita meminum air rebusan atau serbuk dari daun kersen yang sudah kering dan diminum 2 hingga 3 kali setiap harinya. Ramuan ini tidak ada salahnya bila dicoba. Dan semoga bermanfaat.

Tentang Tanaman Buah Kersen

Buah Kersen (atau beberapa orang menyebtnya sebagai buah talok atau beberapa orang lagi menyebutnya dengan cherry Jawa, adalah buah yang memiliki citarasa manis yang menggigit. Dikatakan menggigit karena memang buah ini rasa manisnya bebar- benar terasa. Buah ini berbentuk bulat kecil- kecil dan ada titik hitam di bawahnya. Buah kersen atau talok atau cherry Jawa ini merupakan buah yang lunak, sehingga apabila dipencet maka biji dan cairan di dalamnya akan mudah sekali keluar. Buah kersen atau talok atau cherry Jawa ini merupakan buah yang mempunyai banyak biji- bijian yang kecil, bahkan sangat kecil. Bijinya ini berjumlah sangat banyak sehingga tidak dapat dihitung.

Sekilas buah ini mirip dengan buah “ciplukan” yang terbungkus oleh kulit yang menggembung dan terkadang tumbuh bersama rerumputan. Namun perbedaanya terletak pada rasa, dimana buah ciplukan sedikit masam dan buah kersen sangatlah manis. Buah kersen ini jika yang masih muda akan berwarna hijau dan jika sudah matang atau masak akan berubah menjadi warna merah. Buah kersen ini sangatlah digemari oleh semua kalangan dari anak kecil hingga dewasa. Bahkan buah ini juga sangat digemari oleh burung-burung. Hal ini diketahui karena seringkali ditemukan buah kersen yang sudah rusak karena dimakan burung.

Selain dari pohonnya secara langsung, kita juga bisa mendapatkan buah kersen ini di berbagai pedangang. Memang tidak banyak orang yang memperdagangkan buah kersen ini. Namun jika kita menemui pedagang buah kersen, biasanya mereka akan menjualnya dengan harga yang murah, bahkan sangat murah. Satu mika kecil buah kersen ini bisa dihargai mulai dari Rp 1.000,- harga yang sangat murah bukan? Dan harga ini merupakan harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan manfaat yang dimiliki buah kersen.

SUMBER BERITA DARI MANFAAT.CO.ID

Kepada Para Pembaca Blog Ini

Mohon Doa Dan Restunya Untuk Almarhum Ayahanda Kami

Bismillahirohmanirohim

Ya Allah Ya Tuhan Kami Masukanlah Saudara Kami Bernama Nanang Sari Bin Amat Ke Surgamu.

Berikanlah Saudara Kami Bernama Nanang Sari Bin Amat Nikmat Kubur.

Berikanlah Saudara Kami Bernama Nanang Sari Bin Amat Kebahagiaan, Kebaikan, Kedamaian, Dan Keindahan Di Alam Kubur Maupun Alam Akhirat Ya Allah.

Ampunilah semua dosa dosanya dan maafkanlah semua kesalahannya yang pernah saudara kami lakukan bernama nanang sari bin amat selama hidup di dunia ini baik di sengaja maupun tak sengaja Ya Allah.

terimalah semua amal amal baik, amal amal sholeh, amal amal positif dan amal amal jariyah yang pernah saudara kami bernama nanang sari bin amat lakukan ya allah selama hidup di dunia ini.

Ya Nabi Muhammad Ya Rosul Kami berikanlah syafaat yang baik buat saudara kami bernama nanang sari bin amat di hari penentuan nanti.

Amin Ya Robbal Alamin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan"

Posting Komentar